Selasa, 02 Februari 2016

Kata-Kata Motivasi Hidup Mario Teguh - Mengatasi Rasa Takut Gagal

Dalam diri manusia pasti ada rasa takut gagal tetapi juga keinginan untuk berhasil. Banyak orang takut berusaha karena membayangkan kegagalan yang akan terjadi. Padahal yang terbaik dilakukan adalah mengalami kegagalan itu sendiri lalu segera memperbaikinya, dari pada tidak melakukan tindakan apa apa karena membayangkan takut mengalami kegagalan. Banyak orang sukses sering mengalami kegagalan, lalu mengambil kekuatan dari kegagalan tersebut untuk mencapai sukses. 

“Pembayangan mengenai kegagalan telah meng-gagalkan banyak orang dari pada kegagalan itu sendiri”. 

Orang - orang sukses karena telah berkali kali gagal, Dan orang sukses mengambil kekuatan dari semua kegagalan tersebut.

Kegagalan Kecil
Kegagalan di sebabkan orang lain atau diri kita sendiri, Kitalah yang mendapat keuntungan dari kegagalan itu. Kegagalan kecil adalah kegagalan yang masih bisa kita santai ketika kita membicarakannya. Kegagalan besar adalah dimana akan dikatakan di sebuah meja bundar, serius, ada bankir atau pemegang saham yang marah dll. Kalau kegagalan itu masih bisa di salahkan kepada atasan, maka kita harus mencoba kegagalan yang lebih besar lagi.

Bagaimana upaya kita untuk melakukan tindakan secara cepat dan tepat?  
Upaya kita untuk melakukan tindakan secara tepat dan cepat bergantung dari apa yang ingin di capai, sebagian besar orang tidak tau apa yang akan di capainya, sehingga jelas sekali apabila dia tidak tau apa yang harus di lakukan.

Bagaimana mengelola kegagalan menjadi keberhasilan?
Gunakan kegagalan untuk menyiksa diri supaya ingat tidak boleh mengulangi kegagalan lagi.

Apa perbedaan rasa takut dan malas ? 
Orang takut itu malas berani. Orang yang malas sebetulnya adalah orang yang bertenaga tetapi memilih untuk tidak menggunakan tenaganya. Orang berani adalah orang ketakutan yang memutuskan untuk tetap melakukan. Seseorang di sebut pemberani karena dia takutnya sama dengan kita tapi dia tetap melakukan.

Bagaimana cara kita untuk mengubah rasa pesimis menjadi optimis, dan cara untuk mempertahankan rasa optimis tersebut?
Caranya adalah dengan ubah saja rasa pesimis menjadi rasa optimis, yakinkan diri kita untuk “Harus Bisa”. Rasa pesimis itu pembatalan kemungkinan, sedangkan rasa optimis adalah pemberitahuan kepada diri kalau aku menurut pada cara – cara yang baik, itu akan bisa aku capai. 

“Kita adalah penguasa dari hati kita, dan Putuskan Untuk Berani”.

Apakah Rasa takut diperlukan?  
Rasa takut diperlukan supaya kita lebih berhati -  hati, lebih lengkap dalam persiapan, lebih bersungguh – sungguh dalam melakukan, sehingga meskipun kita takut, kita berlaku seperti orang berani. Jadi orang tidak perlu jadi berani untuk bertindak berani. 

“Rasa takut bisa di gunakan untuk membangun keberanian”.  

Apa upaya – upaya terbaik kalau kita sering gagal berkali kali?
Gagal hanya beberapa kali saja tidaklah cukup, harus lebih sering lagi. Kalau kegagalannya kecil seperti karena kurang santun dalam berbicara, karena presentasi garuk garuk kepala, itu tidaklah cukup, Anda harus gagal lebih sering dan lebih hebat. "Gagal-lah besar".

Kenapa ada orang pintar itu lebih berhasil dari pada orang yang lebih pintar. Apa ada faktor keberuntungan?
Dunia telah membuktikan bahwa pendidikan kita sering terlalu tinggi. Biasanya pendidikan karyawan profesional lebih tinggi pendidikannya dari pada para pemilik perusahaan. Karena karyawan membutuhkan segala sesuatu untuk sempurna sebelum memulai, sedangkan atasannya karena tidak tau apa apa,  memulai saja dan mempekerjakan orang pandai. 

Bagaimana cara mengatasi rasa takut dari lingkungan akibat dari efek kegagalan?
Yang ditakutkan orang lain adalah yang kita lakukan berdampak merugikan mereka. Yang menjadi sebab utama dari semua kegagalan adalah tegang-nya diri di dalam melakukan sesuatu yang sebetulnya baik, karena kita sendiri takut. Semua petarung, pendekar yang tegang lebih mudah dikalahkan dari pada yang santai. Perhatikan orang – orang yang mudah berhasil, mereka lebih santai dari pada orang yang sering gagal. 

“Santailah menghadapi kemungkinan gagal, karena berhasil dan gagal adalah dua sisi dari koin yang sama”. 

Kalau anda menghindari kegagalan anda menjauhi keberhasilan. Sikap anda harus lebih ramah kepada yang mem-berhasil-kan dari pada yang meng-gagal-kan.. 

Mengatasi Rasa Takut Bagian 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar”