Senin, 15 Februari 2016

Masa Depan Tak Pasti – Mario Teguh Bagian 2

Mimpi merupakan awal sebuah mahakarya yang menjadikan motivasi tersendiri bagi kita untuk tetap semangat menghadapi ketidakpastian sehingga kita tetep bisa bertahan. Namun bagaimana  caranya mewujudkan mimpi menjadi kenyataan dan upaya apa yang bisa kita lakukan untuk menghadapi rintangan yang penuh ketidakpastian.

Cara terbaik untuk mewujudkan mimpi adalah segera bangun dan bekerja. Karena keberhasilan tidak berada di alam impian atau di alam rencana, ada di alam tindakan. Banyak orang tidak mau mesegerakan tindakan karena berpikir belum tentu berhasil. Ada orang yang kaya kemudian jadi sombong maka Tuhan tidak akan ijinkan orang itu jadi kaya. Dan ada orang di kasih pangkat tapi tidak amanah maka Tuhan tidak akan ijinkan orang itu naik pangkat. Itu semua karena Tuhan sayang kepada manusia. Jadi untuk kita yang belum mencapai yang kita inginkan harus bertanya, kenapa Tuhan belum menyegerakan itu. Jadi malam ini nanti berdiri di hadapan Tuhan lalu bilang: Tuhan aku janji kalau aku kaya aku tidak sombong, kalau anda dipercaya besok ada tanda-tanda rejeki baik.

Mestikah kita hijrah disaat tidak ada ketidakpastian?

Hijrah artinya pindah. Apakah pindahnya sedikit-sedikit atau total? Kalau jadi orang baik jangan diangsur. Kalau kita mau mengharapkan kesejahteraan yang segera, mengharapkan pembebasan dari tekanan kehidupan segera, maka berubahlah segera, yang total. Kalau kita mau betul-betul di segerakan perpindahan hidup kita ke yang lebih baik maka hijrahlah, pindahlah total. Niat adalah penghijrah, yang membuat orang pindah itu niat. Semakin besar niatnya semakin besar perpindahannya. Dan semua amalan itu bergantung kepada niatnya. Jadi kalau sudah berniat jadi orang baik jangan di angsur. Baikkan di hati, baikkan pikiran, dan baikkan perilaku lalu ikhlaslah karena anda akan di coba, diuji karena semua orang yang menyatakan dirinya jadi orang baik di uji kesesuaiannya untuk kehidupan yang baru. Tidak ada orang lama yang pantas bagi kehidupan baru, Hijrahlah.

Bagaimana kalau kita ingin berkomitmen terhadap kebaikan tapi kita memiliki ketakutan yang amat sangat akan ditinggalkan oleh orang-orang yang kita cintai karena memilih untuk  menjadi baik. 

Dunia itu bukan hanya ada teman teman kita. Ada teman yang mengatakan jelek tentang kita, tapi itu tidak masalah, selama yang kita layani dengan baik lebih banyak jumlahnya dari pada yang tidak menyukai kita, Itu caranya. Kalau anda takut di bicarakan jelek oleh orang lain, berhentikan rasa takut itu, dan beranilah untuk mensahabatkan sebanyak mungkin orang. Tuhan saja mengijinkan ada orang jahat, kalau Tuhan mau, bisa memusnahkan semua orang jahat. Tuhan ijinkan ada orang jahat supaya jelas bahwa kita itu orang baik. Jadi kalau begitu, pilihkan diri anda sebagai sahabat untuk memuliakan orang lain. Mulai dari sekarang hijrahlah dan nikmati keindahan dari menjadi pribadi yang baik.

Kesimpulan :

Semakin tidak pasti masa depan semakin kita harus pasti dengan kualitas pribadi kita, itu kualitas dari tujuan pekerjaan kita. Jadi mulai sekarang hilangkan kerisauan mengenai masa depan yang semua kuantitasnya ditentukan oleh kualitas yang kita lakukan hari ini. Banyak dari kita, semakin kita khawatir tentang masa depan, kita itu khawatirnya sekarang sehingga masa depannya yang kualitasnya kita khawatirkan itu kita rusak dengan perilaku tegang kita hari ini, damailah di dalam keikhlasan sebagai pribadi yang baik. Kalau yang anda katakan baik, kalau yang anda pikirkan baik, yang anda lakukan baik anda tidak mungkin salah. Jadi mungkin bukan lagi kita mengisi keseharian kita sekarang dengan kekhawatiran mengenai masa depan, khawatirlah mengenai hal-hal yang seharusnya kita lakukan tetapi kita tidak lakukan, maka anjurannya: Dahulukan yang harus anda dahulukan, singkirkan yang harus anda singkirkan, utamakan yang memperkuat diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar”